Kelurahan Saumlaki Lakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan

Kelurahan Saumlaki Lakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan


Kelurahan Saumlaki Lakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan

Posted: 07 May 2018 11:28 PM PDT

Kelurahan Saumlaki Lakukan Gerakan Kebersihan LingkunganSAUMLAKI, ELLEMUKU.COM – Kelurahan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan pada hari Jumat setiap minggu berjalan.

Menurut Lurah Kelurahan Saumlaki, Ratunleal Sairdekut, SE, pihaknya sedang membuat gerakan kebersihan lingkungan dengan nama gerekan" Kelurahan Saumlaki Harus Bersih" yang melibatkan seluruh masyarakat di 32 Rukun Tetangga (RT) dari 8 Rukun Warga (RW) yang ada di wilayah kelurahannya.

"Gerakan ini melibatkan semua RT di setiap lingkungan. Kami juga sudah instruksikan  ke semua RT bahwa harus melibatkan seluruh masyarakat untuk pembersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing, supaya jangan terlihat kotor," jelas Sairdekut kepada Lelemuku.com, pada Senin (07/05).

Ia mengatakan hal ini dilakukan karena Kota Saumlaki merupakan Ibu Kota Kabupaten MTB yang merupakan pintu masuk para tamu yang ingin mengunjungi Kepulauan Tanimbar, sehingga pihaknya ingin menampilkan kesan Tanimbar yang yang bersih dan sehat seiring dengan Visi Misi Pemerintah Daerah (Pemda) MTB "Sehat, Cerdas, Berwibawa dan Mandiri".

"Saumlaki inikan Ibu Kota kabupaten, jadi yang kami lihat pertama adalah kebersihan lingkungannya. Sehingga tamu-tamu yang datang dapat melihat bahwa MTB itu bersih bukan melihat kotoran dimana-mana," kata Lurah Saumlaki.

Sebelumnya gerakan ini berjalan, pihaknya terlebih dahulu menggelar rapat bersama para ketua RT dan RW serta didampingi oleh Camat Tanimbar Selatan, B. Samangun, SH. Dalam rapat itu diputuskan kerja lingkungan bersih perdana dilakukan di RW 1 pada Jumat (04/05) lalu.

Masyarakat sangat antusias dalam mendukung gerakan tersebut serta berterima kasih dengan ikut berpartisipasi aktif membersihkan lingkungan masing-masing. Selain bersih-bersih pihaknya juga memberikan pemahaman tentang kebersihan lingkungan yaitu jangan membuang sampah sembarangan.

"Mereka sangat berterima kasih atas kegiatan ini," ungkap Sairdekut.

Ia menambahkan gerakan ini akan dilakukan secara bergilir di setiap RT yang ada di Kecamatan Tansel dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa terlibat bersama-sama, saling mendukung demi Kota Saumlaki yang bersih, indah dan sehat.

"Jadi pasti kami akan turun ke seluruh RT dan RW nanti. Masyarakat sudah tahu karena rapat perdana kan mereka ada juga," tutup Lurah Kelurahan Saumlaki ini. (Aksamina Masela)

Per Mei 2018 Kepesertaan BPJS Kesehatan MTB Capai 100.529 Jiwa

Posted: 07 May 2018 12:17 PM PDT

Per Mei 2018 Kepesertaan BPJS MTB Capai 100.529 JiwaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM –  Kepesertaan Kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku capai 100.529 jiwa per tanggal 1 bulan Mei 2018.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) MTB, dr. Juliana Chatrina Ratuanak, per tanggal 1 Mei 2018 ada penambahan kepesertaan dari Jamkesda Provinsi sebanyak 2.000 jiwa dan Jamkesda Kabupaten MTB sebanyak 1.188 jiwa, sehingga total kepesertaan BPJS mencapai 100.529 jiwa atau 86,5 % dari 116.255 jumlah jiwa penduduk masyarakat Kepulauan Tanimbar. Sementara kalau dilihat dari target Universal Health Coverage (UHC), yaitu 95% dari jumlah penduduk artinya masih tinggal 9.913 jiwa lagi yang belum teregistrasi.

"Kepesertaan BPJS per tanggal 1 Mei adalah 100.529 jiwa atau 86,5 persen. Sebelumnya di bulan April posisi kepesertaan adalah 97.341 jiwa atau sekitar 83,7 persen dari jumlah penduduk MTB 116.255 jiwa," jelas dr. Juliana kepada awak media di ruang kerjanya, pada Senin (30/04) lalu.

Ia mengatakan pihaknya masih terus mendata sekitar 15.726 jiwa lagi dari total penduduk yang belum berkartu dan pihaknya juga akan bekerjasama dengan para pemilik usaha agar tenaga kerja beserta keluarganya bisa terdaftar. Begitu pula tenaga kontrak daerah bersama keluarganya yang masih belum berkartu Kartu Indonesia Sehat (KIS) agar bisa terdata juga.

"Semoga kalau bisa berjalan dengan baik, bisa terdata semua di akhir tahun ini semua masyarakat MTB memiliki kartu untuk mengakses pelayanan kesehatan  bila sakit," kata Juliana. 

Ia mengungkapkan Konsistennya untuk bekerja dengan komitmen yang tinggi agar semua masyarakat Bumi Duan Lolat dapat memiliki akses kesehatan dengan mudah sesuai dengan Visi Misi Pemerintah daerah (Pemda) MTB "Sehat, Cerdas, Berwibawa dan Mandiri".

"Proses itu adalah sesuatu yang tidak mudah dan bagaimana kita konsekuen dan konsisten untuk terus dengan komitmen yang tinggi melakukan, saya percaya semua pasti bisa berjalan dengan baik," ungkap Dr Juliana Ratuanak. (Laura Sobuber)

Negeri Hitu dan Wakal Sukseskan Kamtibmas Jelang Ramadhan dan Pilkada

Posted: 07 May 2018 11:16 AM PDT

Negeri Hitu dan Wakal Sukseskan Kamtibmas Jelang Ramadhan dan PilkadaAMBON, LELEMUKU.COM - Menjelang datang nya bulan suci Ramadhan dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) masyarakat dari Negeri Hitu dan Negeri Wakal Kabupaten Maluku Tengah melakukan pertemuan dengan tema Bersinergi menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang Aman, damai dan kondusif serta menangkal isu Sara dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan Pilkada serentak 2018 di Aula Kantor Polres Pulau Ambon dan P.p Jl. Dr. Latumenten, No. 10, Kel Waihaong, Kecamatan, Nusaniwe, Kota Ambon, Senin (07/05).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlattu Leleurry mengungkapkan apresiasi atas deklarasi damai tersebut.

"Dengan adanya Mediasi deklarasi damai antara kedua desa ini sangat bagus dan baik sehingga saya sangat berterima kasih kepada Dandim 1504/Ambon dan Kapolres Pulau Ambon yang telah menggelar mediasi deklarasi damai," ujar dia.

Sementara itu Dandim Ambo, Letkon Fendri Novyanto Raminta mengharapkan dengan tibanya bulan suci ramadhan mari kita sama-sama saling memaafkan hilangkan rasa dendam antara sesama. 

"Saya dengan kapolres mempunyai suatu niat yang tulus membuat kegiatan yang baik untuk mewujudkan kedamaian antara kedua desa, mari kita menjaga keamanan dilingkungan kita sekarang, seperti halnya niat kami berdua Tulus untuk membuat Maluku yang aman dan damai," ujar Dandim.

Dengan adanya kamtibmas ini kita dapat melihat kedepan yang penuh dengan keharmonisan, kebersamaan dan kedamaian jangan lagi melihat kebalakang yang kelam dan sering beradu otot.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Maluku Tengah, Bpk. Marlattu Leleurry, Dandim 1504/Ambon, Letkol Inf Fendri Novyanto Raminta, Kapolres P. Ambon dan P.p Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso, Kapolsek Leihitu Iptu D Ja'far Lessy, Camat Leihitu, Bpk. Amis Supaliu, Kepala Dinas Kesbangpol, Pejabat Bapak Raja Hitu ,Bpk Edwin Slamet, Bapak Raja Wakal, Ahadja Sunet dan serta ke dua tokoh masyarakat 20 Orang. (Pendam151)
Bagi ke WA Bagi ke G+