Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Maluku Meningkat

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Maluku Meningkat


Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Maluku Meningkat

Posted: 08 May 2018 02:17 AM PDT

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Maluku MeningkatAMBON, LELEMUKU.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mengungkapkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Maluku pada tahun 2017 meningkat dan telah mencapai 68,19. 

Menurut Kabid Neraca Wilayah & Analisis Stastistik, BPS Maluku, Erhard V. Hatulesila, SE, MM dalam rilis media pada Selasa (8/5), Angka ini meningkat sebesar 0,59 poin dibandingkan dengan IPM Maluku pada tahun 2016 yang sebesar 67,60. 

"Pembangunan  manusia  di  Maluku  pada  tahun  2017 terus  mengalami kemajuan yang ditandai dengan terus meningkatnya IPM Maluku. Pada  tahun  2017, pembangunan manusia di  Maluku masih  berstatus "sedang", masih sama dengan tahun 2016," ujar dia.  

Dikatakan selain IPM  Maluku 2017 yang bertumbuh sebesar 0,87 persen dibandingkan tahun 2016. Komponen pembentuk IPM juga mengalami peningkatan diantaranya melalui peluang lahir bayi dan peluang sekolah anak-anak Maluku.  

"Bayi yang  baru lahir memiliki peluang untuk hidup hingga 65,40 tahun, meningkat 0,05 tahun dibandingkan tahun sebelumnya. Anak-anak usia 7 tahun memiliki peluang untuk bersekolah selama 13,91 tahun, meningkat 0,18tahun dibandingkan pada 2016," ujar dia.  

Sementara itu, penduduk usia 25 tahun keatas secara rata-rata telah menempuh pendidikan selama 9,38tahun, meningkat 0,11 tahun dibandingkan tahun sebelumnya. Yang berimbas pada pengeluaran per kapita (harga konstan 2012) masyarakat telah mencapai 8,433 juta rupiah pada tahun 2017,ini meningkat Rp218,00 ribu rupiah dibandingkan tahun sebelumnya. (Albert Batlayeri)

Taman Kota Saumlaki Jadi Jiwa Baru Pariwisata di Tanimbar

Posted: 08 May 2018 01:17 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Provinsi Maluku, Ir. Mynrik Barlolona, MT mengatakan taman Kota Saumlaki adalah jiwa baru dari upaya peningkatan pariwisata di Kepulauan Tanimbar. 

"Taman kota itu menjadi jiwa dari pariwisata, karena disana orang bisa melakukan banyak aktifitas. Biasa orang lebih senang untuk mengisi waktu luang saat berlibur di satu kawasan tertentu," kata dia saat diwawancarai Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Kamis (04/05).

Taman kota itu sangat baik, ini merupakan sarana hiburan yang sangat penting di suatu wilayah karena taman kota merupakan tempat dimana orang bisa  datang untuk melakukan berbagai aktifitas.

Hal ini dapat dilihat langsung di Taman Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) walaupun baru satu bagian saja yang dikembangkan dari taman tersebut tetapi antusias masyarakat begitu besar. 

Masyarakat Tanimbar membutuhkan tempat rekreasi dan taman ini, menjadi lokasi rekreasi warga MTB untuk hanya sekedar menghilangkan penat bersama keluarga atau pasangan muda-mudi.

"Setelah taman dibuka luar biasa antusias masyarakat, walau baru satu bagian yang dikembangakan masih ada beberapa bagian lagi," ungkap Barlolona.

Ia menjelaskan kedepannya pihaknya bersama dinas-dinas teknis lainnya akan mengatur kawasan tersebut agar semakin baik dan menarik dari sisi kenyamanan dan keamanan dengan adanya jajanan kuliner, tempat bermain anak, tempat olahraga, stadium mini atau panggung hiburan.

"Ada pula aktifitas seni disana, taman kota sebagai panggung seni yang merupakan konsep pariwisata. Kami berharap suatu saat taman itu akan menjadi objek dan kawasan wisata atau destinasi wisata," jelas dia.

Taman kota Saumlaki sendiri akan dibagi menjadi 5 blok. Diantaranya blok A yang sudah rampung, sebagai lokasi pentas seni. Blok B akan dibangun 2 buah lapangan dan tribun yaitu lapangan bola voli dan lapangan bola basket, blok ini fungsinya ganda. 

Kemudian blok C akan dibangun tempat untuk kuliner dan juga ada tempat bermain anak-anak, blok D akan dibangun taman baca dan blok E adalah blok yang terakhir, yang ditengah taman yaitu tugu Bung Karno. 

Untuk tugu Bung Karno sendiri akan direnovasi, karena akan terlihat terlalu kecil jika dibandingkan setekah dibenahi semua. Tugu tersebut akan dinaikan bangunannya dan patungnya akan digantikan dengan yang lebih besar dan yang terbuat dari bahan perunggu.

Direncanakan, di tahun 2018 ini akan dilakukan pembangunan blok B dan C serta pembenahan blok A. Setelah itu, di tahun 2019 pembangunan pada blog D dan pembenahan pagar serta di tahun 2020 pembenahan blok yang terakhir, Blog E. (Eva Bembuain)

Bagi ke WA Bagi ke G+